Rabu, 27 Juni 2012

BERITA TEKNOLOGI





Internet Sudah Menjadi Media Terbesar di Indonesia


Sementara itu, perangkat ponsel berhasil menjadi penyumbang utama perkembangan popu
laritas internet di Indonesia. Hal ini terungkap dari hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index yang diungkap ke media massa.


"Internet berhasil menjadi media terbesar di Indonesia. Konten ringan dan hiburan menjadi pendorong pertumbuhan ini," ungkap Head of Insight untuk India dan Asia Tenggara, David Jeffs di media briefing Yahoo! Indonesia di Jakarta, Selasa (26/6).
Jeffs meramalkan, dalam tiga tahun mendatang, akan ada 16 juta pengguna internet baru yang muncul.

"Pengguna baru ini sebagian besar menggunakan perangkat mobile," katanya.
Selain itu, hasil studi ini memastikan bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar internet tertinggi di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna internet aktif sebanyak 35 juta pengguna.

Di kesempatan yang sama, Country Ambassador and Sales Director Yahoo! Indonesia, Roy Simangunsong mengungkapkan bahwa di Indonesia, pengguna internet memang di kota-kota besar.

"Namun kota-kota besar tingkat dua, seperti Semarang, Palembang dan Makasar akan menjadi pendorong makin maraknya penggunaan internet," jelasnya.
Hal tersebut karena pertumbuhan pengguna di kota besar tingkat satu tak setinggi kota besar tingkat dua. Selain itu, hal ini disebabkan pengguna di kota besar sudah lebih melek teknologi.

Hasil studi juga mengungkap fakta posisi ponsel pintar mulai menggeser peran warnet sejak tahun lalu dan 62% pengguna internet di Indonesia, mengakses internet melalui ponsel pintar atau smartphone.

Hasil studi ini juga mengungkap, rata-rata waktu akses internet para pengguna ini juga mengalami peningkatan. Pada 2011, akses internet lewat ponsel pintar hanya selama delapan jam per pekan. Namun kini di 2012, lama akses bertambah menjadi 10 jam per pekan.

"Hal ini tak luput dari peningkatan signifikan ponsel pintar di Indonesia yang mencapai 20%. Artinya, pengguna mulai menghabiskan waktu untuk akses internet, mencari konten dan informasi lewat ponsel," papar Roy.

Tak hanya itu, diketahui ada pergeseran grup pengguna, pengguna usia 30-50 tahun ternyata sudah ikut menggunakan internet dengan peningkatan mencapai 52% dibanding empat tahun lalu yang hanya 13%.

Hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index ini berdasarkan survei pada 3.365 responden umum dan 1.762 responden internet di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makasar, Yogyakarta dan Denpasar pada Desember 2011 hingga Januari 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar