Rabu, 31 Oktober 2012

Cantik Itu Bekal Melawan Kanker


Cantik Itu Bekal Melawan Kanker
Cantik Bekal Penting Wanita Melawan Kanker. Inilah pesan utama Pink Shimmerinc dalam memperingati International Breast Cancer Dayyang  di Atrium Plaza Senayan, Jakarta, akhir pekan tadi.
Pesan ini tergambar jelas dalam berbagai kegiatan seperti photo exhibition dengan judul  "A Passage of Courage"di mana foto-foto yang dipamerkan adalah gambaran bagaimana para pengerak Pink Shimmerinc melawan kanker.
Ini adalah langkah awal pengejawantahan kegiatan Pink Shimmerinc sebagai sebuah badan nirlaba yang memfokuskan diri kepada support dan sharing kepada semua wanita yang terkena/terdiagnosa/sedang menjalankan pengobatan kanker.
Organisasi nirlaba yang  berbadan hukum yayasan ini dimotori oleh 7 orang wanita cancer survivor dan cancer fighter. Mereka adalah wanita yang pada umumnya berada dalam puncak karir di usia 30 - 40 tahun.
Dinda Nawangwulan (bersama alm. suaminya, Alex Abimanyu, dikenal mempunyai keahlian sebagai make-up artist) merupakan founder Pink Shimmerinc; sedangkan sosok lain adalah Shanti Rosa Persada (dikenal sebagai praktisi marketing) sebagai Ketua Umum Pink Shimmerinc.
Fokus kepada wanita menjadi poin penting dalam keberadaan Pink Shimmerinc; mengingat sejarah organisasi tersebut berangkat sebagai wadah sharing dari7 wanita yang merupakan cancer fighter dan cancer survivor tersebut. Tujuh wanita ini ingin agar pengalaman mereka dapat tersebar kepada wanita lain yang terdiagnosa kanker.
Adapun, bentuk support maupun sharing Pink Shimmerinc pun mempunyai sisi yang unik yaitu dari sisi kecantikan. Sebab, wanita memang mempunyai sisi unik - tegar pada saat didiagnosa kanker; akan tetapi juga langsung `ambruk'secara psikologis dengan sebuah kondisi akibat pengobatan kanker.
"Kami telah menjalani dan mengalami sendiri. Ketakutan terbesar baik disadari maupun tidak disadari adalah masalah kecantikan. Masalah rambut rontok, masalah kulit menjadi lebih gelap, timbulnya kantung mata. Ini adalah satu sisi di mana wanita lebih cepat `rapuh' dalam berjuang melawan kanker,"  ungkap Shanti Rosa Persada dalam surat emailnya, Senin (29/10/2012).
Shanti menuturkan berbeda dengan pria, bagi wanita yang berjuang melawan kanker, kecantikan luar dan dalam merupakan bekal utama yang cukup ampuh. "Kami juga sharing dan support dalam  apapun yang bisa kami lakukan tentu saja sesuai dengan kapasitas kami; mulai dari pendampingan pada saat chemotherapy treatment, memberikan masukan gizi, sampai dengan mengadakan workshop kecantikan terutama bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan," jelasnya.
Menurut Dinda Nawang Wulan, visi Pink Shimmerinc adalah mengambil peran dalam memberikan dukungan dan empowerment terutama bagi wanita yang terkena kanker. Dengan harapan agar mereka tetapdandapat meningkatkan kualitas hidup dalam proses penyembuhan dan pengobatan melawan kanker.
"Kami menurunkan visi tersebut kedalam berbagai program yang bersifat sharing dan support denganmenitik-beratkan pada peningkatan kualitas kecantikan wanita - baikinner beautymaupunouter beauty", jelas Dinda Nawangwulan.
Kerangka kerja Pink Shimmeric pada dasarnya adalah empowerment bagi wanita yang terkena/terdiagnosa/sedang menjalankan pengobatan kanker.  Implementasinya adalah dalam berbagai bentuk kegiatan antara lain: mengadakaneventsecara regular(sepertiworkshop kecantikan), menjalin dan  merentangkan jaringan kerja kami dengan berbagai rumahsakit.
Kemudian, memberikan masukan ataupun konsultasi pada wanita yang terdiagnosa kanker. Selain merupakan upaya empowerment bagi wanita, berbagai kegiatan tersebut diharapkan ada pula yang nantinya menjadi ajang kegiatan fund rising ataupun kegiatan penggalangan dana yang akan diperuntukkan terutama bagi wanita yang  membutuhkan bantuan finansial.
"Ini adalah dasar dari kerangka kerja kami yang telah kami canangkan untuk kegiatan yang terencanasecaraterintegrasidalam masa kerja tahunan kami", ungkap Shanti.
Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar