Kamis, 16 Agustus 2012

9 Kiat Agar Menginap di Hotel Jadi Berkesan

Saat melakukan perjalanan wisata, hampir seperempat waktu dalam sehari dihabiskan di hotel. Anda tentu ingin mendapatkan kesan yang baik saat menginap di hotel tersebut.

 

Namun, kejadian buruk kadang tak dapat dihindarkan. Entah hotel melati maupun hotel bintang lima menjadi pilihan Anda, pengalaman tak mengenakan bisa terjadi. Agar terhindar dari kesan-kesan tak menyenangkan saat menginap di hotel, berikut panduan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menginap. 


Keamanan. Saat menginap di hotel bintang lima sekalipun, biasakan mengunci kamar hotel Anda. Juga kunci dengan pengait rantai. Pengamanan dua lapis lebih baik daripada hanya satu lapis. 

Pisahkan kunci Anda dengan benda-benda penting lainnya atau jangan dimasukan ke dalam dompet. Selain itu, jangan menyebut nomor kamar Anda ke orang lain ataupun menyebutnya dengan suara lantang. Jadikan nomor kamar Anda sebuah rahasia. 

Gunakan kotak penyimpanan (safe deposit box) dengan kunci pengaman untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Jangan letakan barang berharga begitu saja di dalam kamar. 

Kebersihan. Saat masuk ke kamar pertama kali, kamar memang biasanya sudah bersih dan rapi. Namun, jangan lupa petugas yang membersihkan kamar begitu sibuk sehingga kadangkala melupakan beberapa hal. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan diumumkan di American Society for Microbiology pada Juni 2012, terungkap bahwa saklar lampu dan remote televisi merupakan dua benda yang banyak terkontaminasi oleh bakteri. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melap terlebih dahulu remote televisi dan saklar lampu dengan tisu basah. Serta beberapa titik seperti gagang pintu dan telepon. 

Biasakan pula untuk mencuci cangkir yang tersedia di dalam kamar sebelum digunakan, pun peralatanmakan lainnya. Walaupun Anda menginap di hotel bintang sekalipun. Juga cuci terlebih dahulu termos listrik maupun wadah kopi untuk mesin coffee maker

Cek kamar. Pernah mengalami, saat sudah asyik tidur-tiduran di kamar dan pendingin ruangan tak kunjung juga menghasilkan kamar yang dingin? Nah, jika hal ini terjadi, sebaiknya cek kamar sesaat setelah Anda masuk dan menaruh barang.

Cek apakah pendingin ruangan bekerja, toilet dan shower di kamar mandi dapat digunakan, serta televisi dapat bekerja dengan baik. Lampu dan telepon juga hal-hal yang perlu Anda cek.

Tentu repot jika Anda sudah selesai mengeluarkan barang dari koper, baru kemudian tahu ada kerusakan di kamar. Sebab, seringkali tamu harus berpindah kamar jika kerusakan tidak dapat segera diperbaiki. 

Fasilitas gratis. Sebelum menginap pastikan apakah hotel tersebut memiliki fasilitas internet gratis. Hal sepele seperti internet sering terlupakan. 

Nyatanya, kini internet sudah menjadi suatu kebutuhan. Namun, banyak hotel bahkan yang kelas bintang lima sekalipun masih mengenakan biaya internet pada tamu.

Daripada kesal karena harus membayar untuk internet, cari hotel yang memang menyediakan internet gratis. Kecuali jika Anda malah sengaja mencari hotel yang tak berakses internet. 

Pastikan juga Anda selalu mendapatkan air mineral untuk minum secara gratis setiap harinya. Beberapa hotel ada yang tak menyediakan air mineral gratis. Begitupula kopi dan teh yang biasanya tersedia dalam kamar. 

Jangan pelit. Biasakan memberikan uang tip pada petugas hotel. Mulai dari bellman yang mengantar barang Anda ke kamar, sampai housekeeper yang membersihkan kamar Anda. 

Selain meninggalkan kesan baik tentang Anda, hal ini berguna untuk menjaga hubungan. Apalagi jika Anda menginap lebih dari semalam atau akan sering menginap di hotel tersebut. 

Berikan uang tip mulai dari besaran Rp 10.000 tergantung kelas hotel Anda dan besarnya kamar yang Anda inapi. Jika menginap di hotel berbintang, maka berikan uang tip tiap hari, sebab petugas yang mengurusi kamar Anda biasanya berganti setiap harinya. 

Senter. Kenali di mana letak senter di kamar Anda. Biasanya, di hotel-hotel berbintang tiga sampai lima, setiap kamar tersedia senter. 

Senter umumnya diletakkan di laci meja atau di lemari baju. Listrik tak pernah mati bukan jaminan bagi hotel bintang lima sekalipun. Walaupun hotel bintang lima sekalipun. Apalagi di Indonesia, pasokan listrik tiap daerah berbeda-beda.

Oleh sebab itu, daripada Anda kebingungan di tengah kegelapan malam, ada baiknya Anda sudah mengetahui terlebih dahulu letak senter. 

Fasilitas wake-up calls
Jika Anda tipikal yang susah bangun tidur, Anda dapat memanfaatkan fasilitaswake-up calls yaitu petugas hotel akan menelepon ke kamar dengan maksud membangunkan Anda. 

Mintalah untuk ditelepon dua kali dengan jeda sekitar setengah menit. Hal ini untuk memastikan Anda benar-benar bangun. Kadang, setelah mengangkat telepon, tamu akan kembali tidur. Nah, telepon kedua bisa untuk membangungkan Anda kembali. 

Sarapan. Sarapan biasanya tersedia dari jam 6 pagi sampai 10 pagi. Jangan menunggu terlalu siang. Datang saja sepagi mungkin di saat restoran tempat sarapan belum terlalu ramai. 

Tanggung jawab pihak hotel.
 Barang hilang saat menginap? Desak pertanggungjawaban dari pihak hotel. Minimal Anda harus melihat rekaman CCTV. 

Kejadian tak mengenakan seperti terjebak dalam lift hotel yang macet terkesan sepele namun bisa menghantui seumur hidup Anda. Jika hal ini terjadi, Anda  berhak meminta semalam gratis dari pihak hotel atau pertanggungjawaban lainnya dari pihak hotel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar