Senin, 13 Agustus 2012

Inilah 10 Kepala Negara yang Suka Berkicau Kepada Rakyatnya Melalui Akun Twitter


Twitter sudah digemari para pemimpin dunia. [google]Twitter sudah digemari para pemimpin dunia. [google]
Kicauan (twit) para pemimpin dunia memang seringkali berapi-api, tapi lama-lama membosankan. 

Menurut penelitian Badan Survey Amerika Serikat, Digital Daya, sebanyak 42 persen dari seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan mempunyai akun Twitter.

 
Yang paling populer adalah akun Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama (lebih dari 16 juta pengikut) dan pemimpin Venezuela Hugo Chavez, yang baru-baru ini pengikutnya melonjak jadi 3 juta orang. 

Tapi apakah mereka benar-benar punya hal penting untuk diberitakan? Siapa yang layak menjadi pengikutnya? Dan apakah mereka mau menjawab pertanyaan Anda? Radio Nederland menyajikan sepuluh akun Twitter pemimpin dunia yang paling menonjol. 

1. @BarackObama


Lebih dari 16 juta pengikut. Sekitar 4.000 tweet. Akun Twitter Presiden AS Barack Obama kebanyakan diisi dengan tweet-tweet dari staf kampanyenya. 

Pesan pribadi dari sang presiden biasanya diakhiri dengan 'BO', tetapi itu jarang sekali terjadi. Para pengikut Obama kebanyakan akan disajikan tweet- tweet positif mengenai kinerja Presiden dan apalagi di tengah gencarnya kampanye pemilu sekarang,  tweet negatif mengenai saingannya dari partai Republik, Mitt Romney. 

Untungnya, kadang-kadang para pengikut juga disajikan beberapa foto yang cukup menarik untuk dilihat, seperti Barack yang sedang memeluk istrinya, Michelle dari tahun 1992 atau fotonya saat sedang bermain baseball. 

2. @Chavezcandanga

Lebih dari 3 juta pengikut. Lebih dari 1.600 tweet. Presiden Venezuela, Hugo Chavez adalah pengguna aktif dan kepala negara Amerika Latin paling populer di Twitter. 

Dia menyebut media sebagai "senjata yang tidak kalah penting bagi kegunaan revolusi." 

Ketika pengikutnya baru-baru ini sampai di angka tiga juta, ia mengeluarkan tweet: “Kepada 3 juta pengikutku, saya menyampaikan kata terima kasih yang khusus. Mari kita sama-sama menggunakan platform ini untuk terus memperjuangkan ide-ide kita.” 

Tweet-tweet 
dari Chavez biasanya bernada positif dan banyak membahas mengenai kemakmuran di Venezuela, keputusan bijak pemerintah dan buah manis dari revolusi dan sosialisme. Sejak presiden mulai menggunakan Twitter, media itu menjadi sangat populer di Venezuela. 

Survey menunjukkan dari dua ratus orang Venezuela yang paling banyak pengikut Twitternya, 90 persennya adalah penentang Chavez yang sangat vokal. 

3. @Number10gov


Lebih dari 2 juta pengikut. Sekitar 3.500 tweet. Perdana Menteri Inggris, David Cameron menduduki tempat ketiga, tapi sebenarnya akunnya tidak begitu menarik untuk diikuti. 

Cameron tidak menulis kicauan-kicauannya sendiri, tapi mempekerjakan seorang Direktur Eksekutif Digital," yang oleh pers Inggris dijuluki sebagai “Tsar Twitter dengan Bayaran Aduhai.” 

Tweetnya berkisar mengenai rencana-rencana kebijakan dan rapat-rapat pemerintahan. Sedikit hiburan daritweet-nya adalah foto-foto Perdana Menteri Cameron sedang berdialog dengan pengusaha muda, para perawat atau dengan kepala negara lainnya. 

4. @Cbabdullahgul

Lebih dari 1,8 juta pengikut. Lebih dari 800 tweet. Presiden Turki, Abdullah Gül setahun lalu mengeluarkantweet:  

“Saya pikir seharusnya kebebasan tidak dibatasi. Orang harus dapat berselancar dengan bebas di dunia maya.” 

Gül menggunakan media ini sepertinya hanya untuk menaruh foto-foto. Foto Gül dengan pengusaha, Gül dengan menteri luar negeri, Gül sedang berpidato di depan banyak orang, Gül sedang berkunjung di sebuah proyek konstruksi, Gül di pesawat pribadinya. 

Akun presiden Turki adalah salah satu yang paling menarik dibandingkan kepala negara lainnya, apalagi kalau Anda tidak bicara bahasa Turki. 

5. @HHShkMohd


Hampir 900 ribu pengikut. Lebih dari 700 tweet. Di Timur Tengah, Twitter memainkan peran penting selama musim semi Arab, tetapi para pemimpin Arab hampir-hampir tidak ada yang aktif di Twitter. 

Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Perdana Menteri Uni Emirat Arab, adalah pengecualian besar. 

Perdana Menteri sering menerbangkan tweet-tweet seputar kinerja Uni Emirat Arab dan kadang-kadang juga akan memberikan nasihat bijak mengenai cara meraih kebahagiaan dan kemakmuran jiwa. 

Sheikh juga mempunyai akun Facebook dan bahkan aplikasi iPhone-nya sendiri. Selain Al Maktoum, akun Twitter yang juga paling populer di Timur Tengah adalah milik Ratu Yordania, Rania (@QueenRania) dengan lebih dari 2,1 juta pengikut. 

Tak kalah aktif adalah Perdana Menteri Barham Salih dari Irak bagian Kurdi, dan Perdana Menteri Palestina, Salam Fayyad (hanya 1.400 pengikut). 

6. @Noynoyaquino

Hampir 900 ribu pengikut. Lebih dari 100 tweet. Presiden Filipina, Benigno Aquino III adalah pemimpin negara Asia dengan peringkat tertinggi di Twitter. 

Tidak banyak yang dibagi oleh Presiden belakangan ini. “Terima kasih untuk semua ucapan Anda,” adalah tweetterakhirnya tertanggal 8 Februari 2011. 

Pemimpin Asia lainnya yang terkenal di Twitter adalah Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak dan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra. 

Presiden Indonesia, Yudhoyono, sejauh yang kami tahu,  tidak aktif di Twitter, namun ada akun resmi yang berisikan berita-berita terbaru mengenai dirinya: @presidenSBY. 

7. @SAPresident 

Lebih dari 120 ribu pengikut. Kurang dari 100 tweet. Pemimpin Afrika paling populer di Twitter adalah Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma. 

Dia mengirim kurang lebih satu tweet tiap bulannya, dengan ucapan seperti selamat ulang tahun kepada Uskup Desmond Tutu dan selamat kepada umat Islam yang merayakan Idul Fitri. 

Setelah Zuma, peringkat diduduki oleh Presiden Rwanda, Paul Kagame (@PaulKagame), dengan hampir 63 ribu pengikut. Kagame adalah pelaku Twitter yang cukup mencolok. 

Dia hampir setiap hari menunjukkan dirinya di jagat Twitter, tapi jarang sekali mengeluarkan pernyataan politik atau pesan mengenai Rwanda. Di Twitter, presiden seringnya aktif meladeni tweet-tweet pertanyaan, yang bervariasi mulai dari pertanyaan tentang politik sampai permintaan untuk memberikan selamat kepada seseorang yang sedang berulang tahun. 

8. @MinPres

Lebih dari 100 ribu pengikut. Sekitar 500 tweet. Akun Twitter dari Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, dikelola oleh Dinas Penerangan Pemerintah, jadi agak susah untuk jadi mencolok. Tweet yang dikeluarkan biasanya berisi berita debat parlemen dan laporan-laporan yang baru diterima. 

Pertanyaan-pertanyaan tidak akan dijawab melalui Twitter, tapi pengikut bisa bertanya melalui situs khusus Perdana Menteri. Rutte secara teratur akan menjawab beberapa pertanyaan melalui video YouTube. 

9. @Netanyahu


Lebih dari 54 ribu pengikut. Hampir 500 tweet. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu lebih sering menaruh foto-foto pertemuan dan tweet-tweet motivasi seperti; "Pernyataan bersama yang dikeluarkan di akhir pertemuan: # Israel & PA berkomitmen untuk mencapai # perdamaian." 

10. @Govofvanuatu

Terakhir, akun Twitter pemerintahan dengan pengikut paling sedikit diraih oleh akun Twitter dari Vanuatu, dengan pengikut sekitar 140 orang. 

Tweet
 biasanya hanya berupa pengumuman singkat disertai link-link ke situs web pemerintah. Lalu, apakah para pemimpin dunia juga merespons kami? 

Radio Nederland telah mengirim tweet ke semua pemimpin dunia di atas berisi pertanyaan: "Halo Presiden .....! Saya ada pertanyaan: Apakah Anda akan menjawab pertanyaan dari para pengikut Anda?" 

Barack Obama belum merespons apapun pertanyaan ini. Tapi Presiden Rwanda, Paul Kagame merespons. Dia menjawab: ‘Ya, saya menjawab pertanyaan yang diajukan para pengikut ... !’ 

Dan bagi yang suka tweet dagelan atau lucu-lucuan mengenai pemerintah atau kepala negara, bisa juga mengikuti akun-akun kepala negara palsu, seperti beberapa contoh berikut:
1. @ KimJongNumberUn
2. @ Angela_D_Merkel
3. @ Queen_UK
4. @ KermlinRussia
5. @ Koningin_NL 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar